Sabtu, 14 Juni 2014

KERJASAMA BILATERAL MENINGKATKAN ETOS KERJA HIMAPRODI

Sabtu, Juni 14, 2014 By Unknown No comments



 
Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah (HMJ BAHTERA) Muhammad Rifa’ie (kiri), menerima penghargaan Parade Monolong Pekan Bahasa dan Sastra Indonesia 2014 dari M Wahidul Mashuri Ketua Himpunan Mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia (HMP BAHTRA INDONESIA) STKIP PGRI Jombang. Di sekretariat HMP BAHTRA (07/06/14).
Usai penutupan pekan bahasa dan sastra Indonesia 2014 yang berlangsung di Aula gedung B kampus PGRI Jombang, Sabtu malam, M Wahidatul Mashuri memberikan penghargaan terhadap ketua HMJ BAHTERA UMM Muhammad Rifaie. Pada malam penutupan pekan bahasa tersebut HMJ BAHTERA menampilkan monolog karya Putu Wijaya yang berjudul kemerdekaan.
Monolog yang langsung disutradarai Muhammad Rifa’ie itu menuai sukses, penonton tak henti-hentinya berdecak kagum menyaksikan M Syahrir Mustafa sebagai lakon kakek tampil dengan sempurna di atas panggung.
Adakala penonton dibuat tertawa dengan improvisasi aktor sosok kakek yang terjatuh berkali-kali dari kursi karena tak sanggup meraih sangkar burung , namun terkadang aktor pun membawa penonton dalam suasana haru dan menyedihkan, yaitu ketika sang kakek menyesal karena telah membunuh burung perkututnya yang setia. Dan sejenak penontot dibawa dalam suasana mencekam ketika burung perkutut terjepit ketakutan di balik siluet.
"Saya sudah beberapa kali menonton monolog kemerdekaan karya Putu Wijaya, namun baru malam ini saya lihat pertujukan naskahnya yang bagus ," kata Adi Pratama selaku penonton malam parade monolog.
Di balik kesuksesan pementasan, ternyata persiapan pementasan tidak dilakukan sangat matang ucap Syahrir Mustafa karena terkendala di bagian aktor, aktor yang terpilih sebelumnya adalah Rudy Hartono, namun karena Saudara Rudy sedang ada kendala, maka sutradara menunjuk Syahrir sebagai pemeran kakek.
Selain masalah aktor, juga mendapat kendala kekurangan personel, untuk mengisi ilustrasi dan musik. Sehingga musik dan ilustrasi hanya menggunakan sruling, gitar, dan gendang ucap Fuad Hamdani selaku koordinator bagian ilustarsi pada pementasan malam itu.
Pementasan di luar kampus ini adalah pengalaman perdana bagi HMJ BAHTERA UMM, diharapkan periode selanjutnya HMJ BAHTERA lebih meningkatkan kerjasama bilateral dengan institusi-istitusi ekstra kampus yang fungsinya memperbanyak hubungan kerjasama dalam hal apa pun, khususnya kerjasama dalam hal program kerja.
Selain berfungsi menambah wawasan itu pun akan berdampak positif bagi HMJ masing-masing, karena dengan begitu masing-masing HMJ bisa dapat mengambil suatu pelajaran terkait kultur masing-masing HMJ, maupun informasi terkait isu-isu kebahasaan dan kesusastraan regional maupun Nasional.
M Wahidul Mashuri mengatakan kerjasama lintas HMJ selayaknya terus berlangsung dan dijaga dengan harmonis, agar ikatan persaudaraan semakin erat dalam mengemban amanah sebagai HMJ yang sama-sama memiliki latar belakang Bahasa dan Sastra Indonesia.
Harapannya Himpunan Mahasaiswa Jurusan tidak selalu berdiam diri dalam kampus masing-masing, alangkah lebih baiknya jika tiap-tiap HMJ selalu aktif melakukan aliansi dengan HMJ yang lain, karena semakin besar pergerakan maka akan menghasilkan tujuan besar pula dalam hal pergerakan bahasa dan sastra Indonesia dalam wilayah kesatuan Republik Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar